Mar 17, 2014 | By: Unknown

The Awesome First Week

Sorry...
Maaf banget gue baru bisa ngepost minggu ini. Minggu kemaren gue sibuk banget soalnya. Haha... maklumlah, minggu pertama kuliah di sini. Padahal biasanya kalo minggu pertama justru belum sibuk-sibuk banget yak? O_O


Oke, langsung gue rangkum aja kegiatan full gue satu minggu ini berhubung kayaknya uda banyak yang bertanya-tanya gimana hidup gue di minggu kedua transit gue ini *halah* (ngece banget sih lu Cha -,-)






Monday
Hari Senin. Tada....!!! Hari pertama gue kuliah nih. Semalemnya gue tidur agak cepetan, soalnya kebiasaan gue kalo tidur jam tiga pagi dan bangunnya jam 12 siang. Karena hari Senin gue kuliahnya jam 12.00, gue harus bangun pagi. Selain karena gue juga belum tau ruangan kelas ama bangunannya di mana, gue juga kalo uda di kamar mandi bakal lama banget. Jadi, gue butuh waktu 2 jam buat persiapan sebelum kuliah. 

Well, gue uda siap. Uda kece. Pake tas ransel di belakang plus bawa peta KNU di tangan. Udah 11-12 ama Dora, sayangnya Dora gak pake jilbab dan gue juga gak bawa peliharaan monyet ke sini. Gue nyari-nyari nama bangunan dan ruangan gue. Akhirnya gue sampe di bangunan Humanities #1 seperti yang tertera di peta KNU. Kelas gue di ruang 305. Means, ruangannya di lantai tiga dan gue bingung nyari tangga di mana -,-. Begonya, gue udah jalan sampe ujung bangungan, ternyata tangganya ada di sebelah pintu pas gue masuk tadi. Rada dongkol, soalnya koridornya panjang banget dan gue udah wasting time buat nyari tangga. Belum lagi mau naik tangganya di lantai tiga. T_T


Finally, gue sampe di lantai 3. Dengan PD nya gue masuk ke ruang 305. 

Kelas gue pagi ini "Advanced English Grammar". Gue nanya ama mahasiswa yang duduk di depan, ini bener apa nggak kelasnya. Takutnya gue malah salah masuk kelas. Mbaknya bilang kalo ini bukan kelas grammar, tapi kelas writing. Eh, gue jadi bingung. Perasaan di timetable gue jadwalnya emang di ruangan ini. Gue tanya lagi ama dia, ini bener kagak kelasnya Owl? Owl itu nama profesor yang bakalan ngajar di mata kuliah ini. Mbaknya bingung. Terus malah nanya temen sebelahnya. Temennya juga bingung. Aduuhh.... gue juga jadi bingung nih. Mana mereka rada susah kalo ngomong pake bahasa Inggris. Waktunya juga uda mepet. Gue uda wara-wiri kesana-kemari nyari kelas yang bener. Untungnya ada cowok pake kacamata yang bantuin gue buat nanya ke kantor pengajaran. Alhamdulillah, gue bisa ngomong bahasa inggris ama dia. Keluar dari bagian pengajaran tu cowok malah garuk-garuk kepala. Bingung kayaknya. Terus dia malah ngajakin gue masuk ke kelas yang tadi gue masukin. 

Akhirnya gue duduk aja di kursi paling depan. Terus ada wanita Amerika paruh baya tiba-tiba masuk kelas. Well... kayaknya gue emang salah kelas nih. Dalem ati gue, gue ikhlas udah skip mata kuliah pertama di hari pertama. Soalnya dosen yang bakalan ngajar mata kuliah gue pagi ini Professor Owl. Nggak tau kenapa, mindset gue bilang kalo professor Owl itu cowok negro, tinggi, atau dosen cowok, tua, mirip-mirip ama Dumbledore. Makanya, gue uda yakin banget kalo gue uda salah masuk kelas. Wanita paruh baya tadi memperkenalkan diri, dan ternyata namanya Owl. (-__-)

Gue ngerasa bego banget. 


Professor Owl ternyata dari Cichago. Aksennya American, jadi rada-rada gaul kalo ngajarin kita di kelas. First time, gue ngerasa nyaman diajarin ama dia. Dan ternyata.... di akhir sodara-sodara... kita dikasih hadiah PR seabrek buat nulis. Tiap hari kita wajib nulis kegiatan kita di jurnal masing-masing. Di tambah tugas ini tugas itu. Banyak jenisnya...

Selesai kelas Advanced English Grammar, gue cuma punya jeda waktu 15 menit buat pindah ke Education Building untuk kelas selanjutnya, "Culture Heritage of Korea". Untungnya, temen yang duduk di sebelah gue tadi juga ambil kelas yang sama, jadinya kita lari-lari barengan turun dari lantai tiga ke lantai satu, nyebrang jalan, nyebrang jalan lagi, naik tangga banyak banget buat sampe ke Education Building, terus naek tangga lagi buat sampe ke Ruang 204. Sepanjang hari ini kehidupan gue selalu dipenuhi oleh tangga-tangga. Dan kesimpulannya, gue hampir semaput naek turun tangga.


Berhubung ini kelas berbau-bau sejarah gitu, yang notabene dari sejak gue SD ampe kuliah pun gue belum menemukan sisi asyiknya belajar Sejarah, jadi gue ngerasa rada-rada garing di kelas. Sebenernya ini juga kehendak gue sih, karena yang milih dan ngatur jadwal kuliahnya gue sendiri. Oya, gue di sini ambil lima kelas. Menurut gue itu dikit banget, tapi untuk ukuran Exchange Student lain, gue uda termasuk WOW banget ambil kelas sebanyak itu. Kebanyakan dari mereka cuma ambil tiga kelas doang. Padahal tadi niatnya gue pengen ambil 6 kelas, tapi sayangnya kelasnya uda penuh.

Well.. guys. Bisa ditebak selanjutnya. Di akhir kelas kita dikasih pilihan mau bikin presentasi apa nulis essay. Berhubung gue uda dikasih tugas nulis banyak banget tadi, gue lebih milih presentasi. Itu tugasnya individu, dan gue harus bikin presentasi tentang traditional culture of Indonesia.


Malemnya, buat para exchange students ada kelas bahasa korea di International Affairs setiap Senin dan Kamis. Kata kakak senior gue, yang ngajarin kelas korea di International Affairs ada dua cowok ganteng yang keren nan kece. Berhubung dibilang begitu, gue jadi semangat meskipun udara malem dingin banget. Kalo enggak, rasanya gue ogah keluar asrama malem-malem begitu apalagi suhunya sampe minus.

Dan ternyata.....kakak senior gue PHP. Yang ngajarin kita justru udah ahjumma, haha. Ahjumma itu sebutan untuk wanita paruh baya di Korea. Tapi ahjumma nya lucu banget. Baik lagi. Gue seneng jadinya, meskipun di awal sempet kecewa sih. Haha... 




Tuesday
Hari ini gue full kelas. Dari jam sembilan pagi ampe jam 6 sore. Kelas yang gue ambil "International Business English Conversation", "Theory of International Commerce", dan "Southeast Asia Economy". Tapi entah kenapa, meskipun kalo diitung-itung gue sehari belajar 8 jam non-stop tanpa break, gue nggak ngerasa capek dan bosan. Di sini segala sesuatu bener-bener nggak kerasa apa-apa. Entah mungkin karena gue yang menikmati, atau karena waktu di sini yang emang jalannya maraton kali ya? *ngasal*

Malemnya, gue dinner bareng Nga, temen Vietnam gue, masih inget? Kalo belum kenal ama Nga baca ini dulu deh, hehe. Dia ulang tahun yang ke 22 hari ini. Gue nggak sempet beli apa-apa soalnya gue baru aja tau kalo dia ultah tadi sore pas gue pulang kuliah. Nga itu baik banget, kemaren gue sampe dipinjemin sweater 2 ama dia. Mungkin dia kasihan ngeliat gue kedinginan kali ya... anytime gue bakal beliin sesuatu buat dia.



Malemnya, sambil ngerayain ultahnya Nga, kita makan chikin bareng di cafe yang dulunya jadi tempet gue ama Nga makan sebelumnya. Gue ketemu temen-temen baru. Ada Lusiano dari Angola, Marten dari Peru, dan Su'Pitcha dari Thailand. Gila! Mereka semua gokil-gokil. Gue ama Su'Pitcha, yang emang penggila K-Pop sejati janjian buat maen ke SM Building pas liburan. Kita mau menggledah isi kamarnya EXO nih, Haha.. Jadi itu di ruangan isinya pada kita-kita yang berisik ketawa nggak jelas. Selain itu, kebanyakan yang datang juga para pelajar dari Vietnam. Dan gue ngerasa kayak kita ada di gatheringnya Vietnam family, hehe. Mereka baik banget. Ramah. Lucu. Gue seneng banget bisa ketemu orang-orang dari berbagai belahan dunia dan bisa sharing kayak gini. Bener-bener kesempatan langka dan gue bersyukur dikasih kesempatan buat ketemu mereka dan membangun persahabatan lintas negara. *halah, bahasa gue -,-*



Wednesday
Hari ini gue cuma punya 2 kelas. Lanjutan kelas yang kemaren sih, Theory of International Commerce ama Southeast Asia Economy. Bentar... bentar... gue rada lupa apa yang gue kerjain hari ini.
Emm.. kayaknya gue nggak kelayapaan kemana-mana deh, soalnya malemnya hujan. Dan gue juga kecapekan gara-gara pulang kuliah jam 3 langsung cabut ke Kantor Imigrasi buat minta Certificate of Exit and Entrance demi mencairkan beasiswa GKS gue. Akhirnya malem itu gue cuma nongkrong di Lounge underground CU. Itu tempet cozy banget, anget, ada microwave nya lagi. Jadi CU itu kayak sejenis minimarket gitu, di underground. Dan di depannya disedian sofa, TV gede, microwave, dispenser. Jadi enak banget, abis belanja gue langsung ngejogrok di sofa sambil makan mie. Gak hanya bisa nonton TV aja disitu, gue juga bisa langsung nonton Korean Drama live malah. Soalnya di lounge ini emang spotnya buat anak-anak pacaran -_-.

Oya, gue di sini kerjaannya makan mulu. Gue demen banget ama roti ama es krimnya. Enaaak banget....!! Kalo Mbak Candri, mungkin sering kalapnya kalo uda beli alat kosmetik di sini, kalo gue sering kalapnya kalo uda beli makanan. Sampe-sampe Kak William, mahasiswa UNDIP yang ambil S2 di sini, bilang kalo teori yang berbunyi bahwa "orang kurus lebih banyak makan" ternyata akurat dan benar. Gue ngerasa tersayat-sayat *halah* karena di antara tiga cewek Indonesia lainnya, cuma gue yang berhasil menghabiskan nasi goreng sapi untuk ukuran 2 porsi orang. (apa salah gue...?? )







Thursday
Yeay.. gue seneng. Ini hari terakhir gue kuliah di minggu pertama. Haha...
Kelasnya sama kayak kelas gue pas hari Senin. Ada Advanced English Grammar ama Culture Heritage of Korea. Dan seperti biasa, malemnya gue ada kelas Korea di International Affairs sampe jam setengah 9 malem. Oya, ini satu lagi spot favorit tongkrongan gue (uda berasa kayak anak gaul aje). Gue seneng maen-maen ke International Affairs. Karena tempetnya asyik banget... anget... ada minuman gratis (dan gue yang paling sering ngantongin minuman sachet dari International Affairs buat dibawa ke asrama), ada permen, disedian sofa kalo mau tiduran, ada lagunya juga, ada komputer banyak kalo mau online, ada gitar kalo mau maen musik, ada mic kalo yang mau nyanyi, ada microwave kalo yang mau masak mie, astaga... ini tempet cozy banget. Apalagi yang maen kesini dikit banget. Palingan juga muka gue yang paling sering nongol di International Affairs, jadi ngerasa nyaman aja kalo stay di sini. Gue sering nongkrong di sini tiap nunggu jeda kelas.




Friday
Hari Jumat, gue libur. Tapi entar sore, kita diajak ama buddy kita buat ngegaul ke Seoul. Sayangnya, kita berangkatnya sore sih karena Kim masih ada kelas ampe jam 3 sore. Dan kita harus uda balik sebelum jam 1 malem, karena kalo lewat dari jam 1 kita bakal kena pinalty points minus 3. Dan kalo udah sampe minus 8 bakalan out dari asrama.
Awalnya yang mau jalan-jalan ke Seoul cuma kita-kita aja, gue, Mbak Candri, ama Febi. Tapi, karena gue cerita ke temen gue yang dari Mongolia, Uljii, dia pengen ikutan juga. Ya.. gue sih oke-oke aja. 
Ternyata.. mungkin ya, mungkin, hehe... gue nggak mau su'udzon nih ceritanya, si Uljii kayaknya seneng ama buddy gue, si Kim, soalnya emang di antara buddy-buddy yang lain dia yang mau disusahin. haha. Jadi sepanjang perjalanan dari Chuncheon ke Seoul dia selalu mendominasi Kim *ini bahasa gue kayak apaan dah?*. Contohnya :
- waktu di kereta dia duduk ama Kim, sepanjang jalan dari Namchuncheon ke Chongyangni mereka berdua ngobrol nonstop gak tau apa yang diomongin. Kalo gue lebih milih tidur soalnya ngantuk, hehe.. Nah, yang nguping itu si Febi. Terus Mbak Candri ama Febi malah nyalah-nyalahin gue kenapa nggak kalah cepet dari si Uljii. Ini maksudnya apaan coba? -,-
- kedua, nyampe di stasiun mau naik bus ke Jongno. Mereka jalan berdua di depan, Kim nggak boleh dibiarin sedetik pun balik badan buat ngobrol ama kita bertiga. Jadi, kita di belakang jalan bertiga uda kayak bodyguard mereka berdua. Haha...
- ketiga, waktu Kim mau ngobrol ama Febi. Uljii tiba-tiba nyerempet dari belakang dan muncul di tengah-tengah antara Febi ama Kim. Si Febi shock dan langsung misuh-misuh di belakang, dan akhirnya kita bertiga malah ngegosip sepanjang jalan. (ya Alloh... maafkan hamba)
- keempat, waktu kita mau nyari makan di Seoul. Di sepanjang jalan di Seoul isinya cuma pork doang. Mbak Candri mau nanya ke Kim mau makan di mana. Eh, malah dikacangin. Soalnya Uljii nya ngomong mulu ama Kim. Dan korban kedua akhirnya pun berjatuhan. haha... 

Mbak Candri sebel, dan akhirnya kembali ke barisan belakang dan kita bertiga ngegosip lagii.. -,-
- kelima, setelah kita ngelewati Gyeongbuk Palace, kita mau lanjut jalan ke Insadong. Gue kan emang pendiem ya *ehm*, jadi dari tadi gue emang nggak ngomong apa-apa ke Kim. Gue cuma sibuk ama smartphone gue buat selfi. Haha.. Terus si Kim nyamperin gue, as usual, selalu nanya ke gue kenapa gue nggak ngomong apa-apa dari tadi. Gue cuma nyengir. Terus lewat toko kosmetik di jalanan Insadong, si Kim nunjukin poster EXO ke gue. Terus dia nanya, "Icha, ini EXO loh. Oya, kalo EXO ada di depan lu, lu mau ngapain?" Belum sempet gue mau buka mulut buat jawab, si Uljii nya tiba-tiba uda muncul aja terus bilang, "EXO? Gue juga suka EXO loh" dan akhirnya si Kim jadinya ngobrol ama Uljii. Gue cengo. Dan well.. sepertinya sekarang korban ketiganya adalah gue! haha

Dan hari itu... kita bertiga sepakat. Kita jera ngajak jalan Uljii lagi.  Haha





Saturday
Nah, dalam seminggu ini hari Sabtu yang paling bikin gue bahagia. Kenapa? Karena hari ini gue ikutan Welcoming Party Muslim in Chuncheon. Betapa bahagianya gue di tempet yang minoritas muslim kayak gini gue bisa ngedengerin orang ngucapin Assalamu'alaikum ke gue. Terus manggil sister... brother... gue ngerasa bener-bener damai. Kebanyakan anggota Muslim di Chuncheonnya orang-orang dari Asia Selatan kayak Pakistan, Bangladesh, dan gue juga ketemu dua cewek muslim dari Turki, tapi mereka nggak di KNU, mereka kuliahnya di Hallym University, nggak jauh dari KNU. 
Yang luar biasa bikin gue bahagia juga karena gue bisa sholat jama'ah Maghrib dan Isya di sini. Nggak kebayang gimana rasanya gue waktu itu. Gue bahagia banget ya Allah... di Chuncheon... gue bisa sholat jamaah... ketemu saudara-saudara gue lainnya... gue bener-bener bersyukur. Selain itu kita juga dinner bareng. Dimasakin makanan Pakistan, enak banget. Nasinya juga harum banget. Bikin gue jadi kangen nyium bau nasi kalo di rumah. :'(
Disediain juga pudding mix fruit peach. Itu enak banget. Serius. Gue sampe nambah dua kali karena pudingnya enak banget.... *terharu*
Hari ini bener-bener luar biasa buat gue. Bener-bener anugerah. Gue nggak sendiri di sini. Ternyata saudara-saudara gue banyak di sini dan mereka insyaAllah bisa ngebantuin kalo ada masalah apa-apa. Selain juga karena gue bisa kenalan sama saudara-saudara muslim lainnya, gue juga dapet makanan gratis dan enak lagi, di akhir sesi juga dikasih mug gratis. Ya Allah... gue bersyukur banget. Pulang dari Welcoming Party gue ketemu Febi ama Kak Fandy lagi makan es krim dan akhirnya kita ikut-ikutan makan es krim di Ice Flower yang itu pun rasanya enak bangettt,,, *lagi-lagi terharu*
Pulang dari makan es krim, ketemu kakak-kakak Indonesia lainnya, dan akhirnya kita malah noraebang. Noraebang itu karaoke dalam bahasa Korea. Nyanyi satu jam bonusnya 2 jam. haha... gokil. Jadi akhirnya kita pulang ke asrama pukul setengah satu pagi -,-




Sunday
Setelah seminggu puas jalan-jalan, saatnya gue memikirkan nasib tugas gue. Hari ini gue bersedia menghabiskan waktu gue buat stay depan laptop. Ngerjain tugas + kepo, haha *teteup*. Gue sampe nggak makan pagi, nggak makan siang, gara-gara ngerjain tugas. Di kamar cuma ada gue ama Subin. Dua temen gue lainnya lagi pulang ke rumah. Subin kerjaannya dari semalem ampe sekarang masih tetep tidur. Akhirnya karena lama-lama gue laper juga, gue niat pengen keluar beli makan. Tapi sebelumnya gue mau mandi dulu. Yah.. seperti yang uda gue bilang sebelumnya, kalo uda di kamar mandi gue bakal lupa dunia. haha... jadinya sejaman di kamar mandi gue baru keluar. Waktu mau masuk ke kamar gue kaget, ini kamarnya kenapa dikunci?




Gue panggil-panggil Subin gak dijawab. Dan ternyata.... Subin keluar. (T_T) Hp gue di dalem kamar, dan gue cuma bawa anduk doang. Demi apa gue harus nunggu Subin pulang dengan pakaian beginian diluar kamar. Akhirnya, karena gak ada pilihan lain, gue rela nilai gue minus 0,5 karena minjem kunci kamar ke bagian penanggungjawab asrama. Aaaa.... Subiinnn....
Dan kalian tau, Subin baru pulang jam 10 malem. Gila aja kalo gue tadi nungguin dia ampe jam 10 malem -,-. Ternyata setelah gue introgasi, haha, dia nggak tau kalo gue di kamar mandi. Mungkin karena waktu gue mandi dia lagi tidur, dikiranya gue uda keluar kemana. Ini juga karena gara-gara gue sih kelamaan mandinya ampe sejam -,-

Dan akhirnya, di akhir minggu ini, hari-hari amazing gue ditutup dengan minus poin 0,5 karena gue harus minjem kunci kamar (T___T)





Well... untuk foto-fotonya maaf gue nggak postingin di blog, hehe... soalnya rempong gue gak bawa kabel data buat mindahin data dari HP ke laptop, selain itu gue juga gak tau bluetooth laptop gue migrasinya kemana karena pas mau dipake nggak muncul-muncul -,-
Jadi, yang pengen liat foto-foto nya (kayak ada yang mau liat aja, haha) silakan maen-maen ke instagram gue disini. :D  sekalian difollow kalo mau. (promosi ceritanya)


Bye..bye..



0 comments:

Post a Comment